Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Jumat, 18 Februari 2011

Rankuman Java

Pengenalan Java

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior.
Nama Java kebetulan sama dengan dengan pulau yang ada di Indonesia yaitu Jawa. Namun proses kelahirannya tidak ada hubungannya secara fisik dengan Indonesia ataupun pulau Jawa.
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun  Microsystems sejak tahun 1991, sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat  ketika Sun Microsystemsmemulai proyek penelitian yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang memungkinkan computer berperan dalam peralatan rumah tangga. Mereka mengangankan peralatancerdas yang dapat saling berkomunikasi serta dapt diperintah oleh manusiahanya dengan sentuhan tombol dari jarak jauh.


Sun memfokuskan proyek mereka pada peralatan untuk TV kabel yangdisebut set‐top box. Tujuannya adalah agar pemirsa TV dapat berinteraksi dengan industri. Misalnya, kita dapat memesan film, membeli barang, dan sebagainya.
Untuk merealisasikan proyek ini, mereka merencanakan untuk membangun sebuah sistem operasi yang dibangun dengan bahasa C++, Tetapi, James Gosling salah satu anggota pengembang proyek Green merasa tidak puas dengan bahasa C++. Kemudian ia memutuskan untuk membuat sendiri bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak, Nama Oak kemudian harus diganti karena telah ada produk lain yang mematenkan nama tersebut. Pada tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan  platform independent, yaitu dapat  dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur computer.
Sun kemudian mengumunkan bahasa Java adalah bahasa yang mampu menjalankan Web secara interaktif dan aman. Pertengahan tahun 1995, Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di dalam browser mereka. Kemudian, Java secara de facto menjadi bahasa standar di dunia maya internet.

Programprogram java dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:

·         Application , yaitu program yang dapat dijalankan dari command prompt suatu sistem operasi. Application dapat membaca dan menuliskan file pada computer local, dapat juga membuat koneksi jaringan, mengakses resources melalui jaringan dan me”launch” application melalui jaringan

·         Applet , yaitu program java yang dieksekusi di dalam web page. Untuk mengunkan applet maka diperlukan browser yang mendukung Java, seperti MS Internet Explorer 4.0 , Netscape Navigator 4.0 atau HotJava. Applet di “load” dan dieksekusi pada saat user me‐”load’ web page menggunkan web browser.

Java menyediakan beberapa fitur sebagai berikut:

·         Aksesibilitas dari lokasi manapun di dunia:
Java adalah bahasa pemrograman untuk internet, sehinggga dapat diakses melalui world wide web ynag dapat diakses dari lokasi manapun di dunia.

·         Sistem bebas virus:
Java mengimplementasikan strong type‐checking pada computer pengguna, perubahan pada program akan ditandai sebagai error dan program tidak akan dijalankan. Type‐checking adalah proses pengecekan kode untuk mengetahui apakah ada perubahan yang dibuat terhadap kode asli.
·         Aplikasi yang dapat digunakan pada bermacam‐macam platform (Platform independent application).
Java adalah bahasa pemrogrman yang platform‐independent. Java compiler meng‐compile kode java menjadi intermediate bytecode yang dapat dibaca oleh JVM ( Java Virtual Machine).




Platform Independent
Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dengan mudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer. Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrograman Internet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem
operasi.

OO (Objeck Oriented) 
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek secara gamblang adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun Java sendiri telah mengimplementasikan berbagai fasilitas agar seorang programer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek. Java banyak mewarisi konsep orientasi objek dari C++ namun dengan menghilangkan aspekaspek kerumitan dalam bahasa C++ tanpa mengurangi kekuatannya. Hal ini mempermudah programer pemula untuk mempelajari Java namun mengurangi keleluasaan programer berpengalaman dalam mengutakatik  sebuah program
Memulai Pemrograman Java 
Untuk membuat program Java, seperti telah disebutkan sebelumnya, Anda membutuhkan JDK. Proses instalasi JDK tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan pengetahuan tertentu Umumnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan path ke direktori JDK Anda ke setting path pada sistem operasi Anda
Urutan langkahlangkah yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah program Java sederhana adalah: 
1.      Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file tersebut harus berekstensi .java dan case sensitive. 
2.      Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javac HelloWorld.java.

Jika         berhasil, hasilnya  adalah  file  bytecode   berakhiran .class. 
    3.  Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah 
        ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java
        HelloWorld.
. Source Code
     Berikut kode untuk HelloWorld.java:
                   public class HelloWorld
                    {
                         public static void main(String[] args)
                         {
                               System.out.println("Apa Kabar Dunia?");
                         }
                    }

Perlu diingat bahwa bahasa Java bersifat case sensitive, sehingga Anda harus memperhatikan  penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu penulisan source code program tidak harus  memperhatikan bentuk tertentu, sehingga Anda bisa saja menuliskan semua baris source code  tersebut dalam satu baris asal Anda tidak lupa membubuhkan tanda titik koma (;), atau  menuliskan tiap  kata dalam satu baris tersendiri. Namun dianjurkan Anda mengikuti layout  seperti pada contoh agar program Anda mudah dibaca dan dimengerti. 

Kompilasi
Setelah itu simpan/save syntax tersebut dengan nama HelloWorld.java (sesuai dengan nama  class).  Kemudian kita akan mengcompile  syntax  program tersebut dengan perintah: 
                           prompt> javac HelloWorld.java

Sintaks Program
Pada  listing terdapat pernyataan publicclass. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka  sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Ingat bahwa Java berorientasi  objek. Kata publicdi depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program  lainKemudian kita menemukan baris pernyataan public staticvoidmain(String[]args). Perintah ini merupakan pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada  sebuah metode yang bernama mainyang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi. Kata publicdi depannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di  depan baris  permulaan kelas.
Pada listing terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[]args, di mana args hanyalah sebuah nama dari objek  array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameterparameter yang diberikan user sebagai argumen command line.
Kemudian di dalam metode pada listing tersebut, kita menemukan sebuah pernyataan. Anda tentu dapat saja meletakkan lebih dari satu pernyataan dalam sebuah metode. Setiap pernyataan dalam sebuah metode dipisahkan oleh titik koma dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println. 
Tentunya dapat Anda perhatikan bahwa untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga  komponen yaitu: 
1.Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out 
2.Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hal ini println     3.Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang      dipanggil, yaitu parameter. 





Eksekusi
Setelah selesai membahas sintaks dasar Java dalam listing tersebut, selanjutnya kita akan mencoba mengeksekusi program ini. Untuk mengeksusinya kita tinggal mengetikkan perintah  java HelloWorld pada prompt dan pesan Apa Kabar Dunia? akan tampil di layar (atau mungkin di tempat lain, bergantung sistem operasi  Anda).
Tipe Data Primitive dan String 
Pada Java, terdapat tipe data sederhana dan tipe data array. Tipe data sederhana terdiri   dari: tipe boolean, dan tipe numerik yang terdiri dari byte, short, int, long, char, float, dan double.Boolean adalah tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false. 
Java API juga menyediakan kelaskelas untuk tipetipe variabel tersebut, yaitu Byte,  Short, Integer, Long, Character, Float, Double. Kelaskelas ini secara default diimpor saat  kompilasi, namundapat juga secara eksplisit diimpor dari package  java.lang.
Javajuga menyediakan String untuk menampung data yang lebih dari satu karakter. Sebetulnya String bukan tipe data, melainkan  objek yang berisi kumpulan karakter (char).  Penggunaan String, tidak beda dengan dengan penggunaan tipe dat yang lain.    Array adalah kumpulan variabel dengan tipe sejenis dengan nama yang sama. Array pada Java  mempunyai pengertian yang kurang lebih samadengan array pada bahasa pemrograman pada  umumnya. Berikut adalah  contoh pendeklarasian dari variabel dengan tipe “array of int”: 
                 int vektor[];
         Index array dimulai dari 0 (nol). Contoh berikut untuk mengalokasikan 5 buah integer ke   dalam array: 
                vektor = new int[5];
         Selanjutnya untuk mengisi elemenelemen array adalah sebagai berikut: 
                vektor[0] = 4;
                vektor[1] = 3;
                vektor[2] = 7;
                vektor[3] = 5;
                vektor[4] = 4;
 Anda juga bisa menginisialisasi array yang sama dengan contoh di atas dengan cara yang lebih singkat sebagai berikut: 
                 int vektor[] = {4, 3, 7, 5, 4};
Operator dalam Java 
         Java memiliki 44 operator, yang terbagi dalam 4 jenis dasar, yaitu 
         operator aritmetik, bitwise, relasi, dan logika.  
1.      Operator Aritmetik 
              Digunakan untuk proses matematis (aljabar), operan harus berupa 
              tipe numerik. Operator ini tidak dapat digunakan untuk tipe boolean, 
              tetapi dapat digunakan untuk tipe char, karena char adalah anggota 
              himpunan int.
Operator   Hasil 
                    +               penjumlahan 
                    +=              persamaan penjumlahan 
                                   pengurangan (juga untuk unary minus) 
                    =              persamaan pengurangan 
                    *               perkalian 

                    *=              persamaan perkalian 
                    /               pembagian 
                    /=              persamaan pembagian 
                    %               modulus (sisa pembagian) 
                    %=              persamaan modulus 
                    ++              penambahan 
                    ‐‐              pengurangan 

2.     Operator Bitwise 
               Tipe numerik integer, long, int, short, char, dan byte memiliki 
               kumpulan  operator  tambahan  yang  dapat  memodifikasi  dan 
               memeriksa bitbit yang menyusun nilainya. 
                    Operator   Hasil 
                    ~               unary NOT 
                    &               AND 
                    |                OR 
                    ^               exclusive OR 
                    >>             shift kanan 
                    >>>            shift kanan, isi dengan nol 
                    <<              shift kiri 
                    &=              pernyataan AND 
                     |=               pernyataan OR 
                      ^=             pernyataan exclusive OR 

                      >>=               pernyataan shift kanan 
                      >>>=              pernyataan shift kanan, isi dengan nol 
                      <<=               pernyataan shift kiri  
3.     Operator Relasi 
Untuk membandingkan dua buah nilai, Java memiliki kumpulan operator relasi berikut ini untuk menyatakan kesamaan dan urutan.    
                      Operator   Hasil 
                      ==                sama dengan 
                       !=               tidak sama dengan 
                      >                 lebih dari 
                      <                 kurang dari 
                      >=                lebih dari atau sama dengan 
                      <=                kurang dari atau sama dengan                                    
4.     Operator Logika 
Operator logika boolean pada tabel di bawah ini bekerja hanya pada operan boolean. Semua  operator ini mengkombinasikan dua besaran boolean untuk menghasilkan besaran boolean. 
                      Operator   Hasil 
                      &                 logika AND 
                       |                logika OR 
                      ^                 logika XOR 
                        ||                hubungansingkat OR 
                      &&                 hubungansingkat AND 
                       !                 hubungansingkat NOT 
                      &=                 pernyataan AND 
                       |=                pernyataan OR 
                       ^=                pernyataan XOR 
                      ==                 sama dengan 
                       !=                tidak sama dengan 
                       ?:                operator ternary ifthenelse 


                          

0 komentar:

Posting Komentar